Main Hotspot Gratisan Bisa Mencuri Data Penting Anda!


Anda suka dengan akses internet gratis yang biasanya bertebaran di Mall, Cafe dan tempat umum lainnya? Jika iya, maka mulai sekarang saya sarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebut, kenapa?

WiFi tanpa password. Mendengarnya, pemburu koneksi gratisan pasti sangat menyukainya. Namun tahukah Anda jika akses internet gretongan tersebut terindikasi modus baru dalam cybercrime?

Technical Consultant Symantec Indonesia, Fransiskus Andi Indromojo mengatakan jika akses internet tanpa kata sandi tersebut patut diwaspadai oleh pengguna internet.

Bukan tak mungkin jika WiFi ini adalah sebuah bola pancingan yang dilempar pelaku kejahatan (cyber) dengan target pengguna mobile.

WiFi berisiko bisa mendukung terjadinya pencurian data. Kalau ada WiFi yang tidak pakai password, jangan memasukan identitas kredensial. Identitas kredensial yang dimaksud adalah ‘kunci’ akun di internet. Misalkan saja username dan password.

Menurutnya, jika pengguna memasukkan identitas tersebut di lokasi WiFi tanpa password, sangat dimungkinkan data pribadi tersebut bisa dicuri oleh pelaku.

Lantas bagaimana cara pelaku mencuri identitas korban? Nantinya pelaku akan merancang tampilan sebuah situs yang menyerupai situs aslinya.

Dan ketika korban memasukkan identitas kredensial tersebut maka data-data yang diinput akan masuk ke server pelaku.

Dengan demikian, setelah data dan informasi korban dapat dipegang pelaku maka ia bisa melakukan apa saja yang ujungnya pasti merugikan si korban.

Lantas bagaimana berinternet yang aman dan nyaman di publik hotspot? Carilah lokasi WiFi yang memiliki password.

Di cafe atau hotel dan ‘lokasi terpercaya’, umumnya menggunakan username dan password di setiap WiFi yang mereka sediakan bagi pelanggan.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Main Hotspot Gratisan Bisa Mencuri Data Penting Anda! ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 09 Agustus 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Main Hotspot Gratisan Bisa Mencuri Data Penting Anda!
 

0 komentar:

Posting Komentar