Carrefour di Indonesia hadir sejak tahun
1996 dengan membuka gerai pertama di Cempaka Putih pada bulan Oktober 1998.
Pada saat yang sama, Continent, sebagai perusahaan ritel Prancis, membuka gerai
pertamanya di Pasar Festival. Pada tahun 1999, Carrefour dan Promodes (sebagai
pemegang saham utama dari Continent) menggabungkan semua kegiatan usaha ritel
di seluruh dunia dengan nama Carrefour. Hal tersebut menjadikan Carrefour
sebagai ritel terbesar kedua di dunia.
Sebagai bagian dari perusahaan global,
PT. Carrefour Indonesia berusaha untuk memberikan standar pelayanan kelas dunia
dalam industri ritel Indonesia. Carrefour Indonesia memperkenalkan konsep
hipermarket dan menyediakan alternatif belanja baru di Indonesia bagi pelanggan
Carrefour Indonesia. Carrefour menawarkan konsep “One-Stop Shopping” yang
menawarkan tempat pilihan dengan produk yang beragam, harga murah, dan juga
memberikan pelayanan terbaik sehingga melebihi harapan pelanggan.
Perkembangan teknologi juga dimanfaatkan
oleh pihak Carrefour Indonesia, yaitu dengan memiliki www.carrefour.co.id yang merupakan
situs online untuk mempromosikan Carrefour di seluruh Indonesia melalui media
internet. Website ini memberikan berbagai informasi mengenai Carrefour
Indonesia yang memiliki konsep paserba (pasar serba ada).
Website ini juga memberikan kemudahan
bagi publik untuk mengetahui perkembangan Carrefour Indonesia. Website
memberikan katalog seperti yang diterbitkan di setiap Carrefour di seluruh
Indonesia. Sehingga pelanggan Carrefour dapat mengakses melalui internet
terlebih dahulu tentang apa saja yang sedang di promosikan oleh Carrefour
sebelum datang langsung ke gerai.
Berikut adalah beberapa menu yang
terdapat pada Website Carrefour Indonesia :
- Promo : Menjadi
halaman utama dari website, berisikan promo yang di selenggarakan oleh
Carrefour seluruh Indonesia
- Berita Carrefour :
Memberikan informasi berita terkini mengenai Carrefour Indonesia
- Lokasi Carrefour :
Informasi mengenai lokasi carrefour lengkap dengan alamat, nomor
telepon dan gambar lokasi
- Katalog :
Informasi mengenai katalog dan promo Koran per wilayah
- Pemasok :Informasi
mengenai cara mudah menjadi pemasok Carrefour
- Karier : Informasi
mengenai lowongan kerja di Carrefour Indonesia
- Komitmen Kami :
Informasi mengenai komitmen Carrefour
- Kartu Carrefour BCA :
Informasi mengenai Kartu Carrefour BCA
- Layanan Kami :
Informasi mengenai layanan tambahan dari Carrefour yang berkerjasama
dengan provider telepon selular dan maskapai penerbangan
- Produk Carrefour :
Informasi mengenai produk-produk yang di produksi oleh Carrefour dan hanya
di jual di Carrefour
- Carrefour Dunia:
Informasi yang memberikan link Carrefour di seluruh dunia
- Carrefour CSR :
Informasi mengenai Komitment Carrefour Indonesia dalam Peningkatan
kesejahteraan Masyarakat Indonesia
Type Model
Situs online ini memiliki model B2C
(business to customer), karena komitment awal Carrefour sebagai paserba untuk
keluarga.
Model Bisnis
Model bisnis yang digunakan adalah E-MALL,
dikarenakan dari segi penyediaan produk terdapat berbagai macam bentuk baik
dari peralatan rumah-tangga, makanan, pakaian dll.
Sumber : http://www.carrefour.co.id/
http://windae-business.blogspot.com
NIM/ Nama :
09.41010.0175 / Dwi Yuniar Pradoko
Dosen :
Tan Amelia
0 komentar:
Posting Komentar